peluang usaha


Jumat, 30 Maret 2012

Ada masalah bisnis Anda?

Anda sedang pusing tujuh keliling karena sedang terlilit masalah bisnis? Bisa jadi ini merupakan tes agar bisnis anda segera naik kelas.

Mungkin anda masih ingat juga rumusan untuk menemukan peluang usaha: Masalah = Peluang Bisnis. So, artinya masalah bisnis yang sedang anda hadapi bisa jadi justru merupakan peluang baru bagi anda.

Bagi yang belum mengerti, mari simak sejenak. Kita ambil sebuah contoh. Nyamuk yang suka menggigit merupakan masalah, maka tumbuhlah bisnis usaha obat nyamuk. Mulanya ada produk obat nyamuk bakar, namun timbul masalah baru karena asap obat nyamuk yang mengganggu, dibuatlah obat nyamuk elektrik. Namun kandungan obat nyamuk elektrik pun dianggap tidak aman, lalu dibuatlah obat nyamuk berbentuk lotion yang dioleskan anggota tubuh. Namun tidak semua orang suka dengan beragam obat nyamuk itu, lalu ada yang memilih memasang kawat kasa di ventilasi rumah, menggunakan kelambu di ranjang, atau yang alami dengan meletakkan tanaman pengusir nyamuk.

Lihat, dari satu masalah saja, produk yang lahir bisa bermacam-macam. :)

Maka, tak aneh kalau Toko Herbal pada posting Kapan Bisnis Sukses berkomentar.

Kalau dalam bisnis, masalah adalah Sumber uang…

Saya jualan dari Masalah orang…

Sehingga, sukses bagi saya ketika bisa memberikan solusi untuk masalah orang, termasuk mendapatkan keuntungan dari solusi masalah tersebut…

Masalah-Masalah Bisnis yang Sering Dihadapi Orang

Nah sekarang kembali ke soal masalah bisnis, di bawah ini daftar masalah bisnis yang sering dialami orang

1. Modal
Biasanya orang yang hendak mulai usaha selalu mengkambinghitamkan modal. “Modalnya dari mana?” Padahal, ada banyak cara mendapatkan modal. Dan lagi modal itu tidak melulu soal uang, modal itu juga bisa berupa ide, berupa tenaga, dan lainnya.

2. Menunda mulai bisnis
Sering kan anda dengar “Wah usaha itu seperti yang sudah saya pikirkan satu tahun lalu. Tapi sayangnya saya tak segera mengeksekusinya.”

3. Sepi pelanggan
Saat bisnis sudah mulai, pembeli atau pelanggan tidak kunjung datang. Ini merupakan masalah bisnis yang serius yang kerap dialami pebisnis pemula.

4. Kesulitan meningkatkan penjualan
Mungkin bisnis bisa berjalan, tapi untuk meningkatkannya kesulitan. Sulit untuk memperluas jaringan, sulit untuk meningkatkan penjualan, sulit untuk menembus pasar baru.

5. Gagal melakukan marketing yang jitu
Sudah mencoba beriklan dan melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Berarti ada masalah pada cara marketing yang dilakukan.

So, coba pikirkan dari masalah bisnis di atas kira-kira bisa jadi peluang bisnis apa? Atau mungkin mau menambahkan masalah bisnis yang belum tercantum di atas?

Tidak ada komentar: