peluang usaha


Rabu, 09 Desember 2009

Pingin sukses singkirkan yang tidak perlu

Sebetulnya saya sudah menyiapkan artikel lain untuk postingan kali ini. Tetapi setelah saya membaca artikelnya Pak Ricky yang berjudul Mengapa banyak orang yang gagal dalam bisnis online? akhirnya saya menulis artikel ini, dan mempostingnya.

Apa hubungan antara tulisannya Pak Ricky dan artikel saya ini? Begini : dalam tulisan itu dikatakan bahwa salah satu hal yang dapat menjatuhkan bisnis online kita adalah kebanjiran informasi. Ini mengingatkan saya pada saat awal-awal tertarik untuk mendapatkan uang dari internet. Saat itu dengan semangat juang yang tinggi, bahkan sampai lupa makan, lupa tidur, dan lupa hari, saya mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang cara mendapatkan penghasilan online. Atau lebih kerennya : bisnis online. Tentu saja korban saya adalah report-report gratisan (biar repot asal gratis). Hampir semua yang bisa di-free download, saya download. Baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Bahasa Jepang nggak.

Apakah kemudian saya memperoleh hasil yang luar biasa dari internet dengan mendownload sebanyak-banyaknya free report tersebut? Jawabannya IYA. Saya memperoleh hasil yang luar biasa. Luar biasa puyengnya. Kalau uang? Dengan malu-malu saya jujur mengatakan, hasilnya cuma Rp 51.500,00. Sungguh memalukan, ya. Selama tiga bulan saya berjuang penuh semangat di internet ternyata hanya untuk mendapatkan uang sedikit. Selebihnya, malah bingung : saya bingung mau membaca yang mana duluan. Sesudah itu bingung lagi : mau memulainya dari mana. Akhirnya saya sadar, ngumpulin informasi sebanyak-banyaknya ternyata tidak ada gunanya. Internet memang menyediakan ribuan cara untuk mendapatkan uang. Tetapi tidak mungkin kita bisa menjalankan semua cara tersebut (makanya jadi orang jangan kemaruk, ah). Pilih salah satu cara yang paling mungkin untuk kita jalankan, lalu fokus pada kegiatan itu. Cari informasi yang berhubungan dengan kegiatan itu saja. Bila perlu membeli panduannya dari para senior yang sudah berhasil. Jangan biarkan pikiran kita tercemar oleh informasi lain yang dapat mengganggu fokus utama. Informasi pengganggu itu ibaratnya kertas kotor dan tumpukan brosur tidak berguna di atas meja kerja kita.

Saya jadi teringat pada saran Dale Carnegie, seorang motivator legendaris, yang mengatakan bahwa salah satu dari empat kebiasaan kerja yang akan melenyapkan kelelahan dan kecemasan adalah : Singkirkan semua kertas dari meja Anda, kecuali yang sedang digarap (Dale Carnegie, Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan Anda). Dengan kata lain : singkirkan semua free report yang tidak berguna dari hard disk Anda, kecuali free report yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang digarap. Ini sejalan dengan pengalaman pebisnis yang sukses. Umumnya mereka berhasil karena berangkat dari satu jenis bisnis yang digarap dengan serius dan terfokus.

Nah, itu pengalaman saya yang sebetulnya tidak penting untuk di-sharing di sini. Tetapi saya yakin, banyak newbie dalam bisnis online yang juga mengalaminya. Atau Anda tidak mengalaminya? Kalau Anda tidak mengalaminya, berarti Anda kurang beruntung. Lho? Iya, karena Anda tidak bisa merasakan bagaimana senangnya memperoleh uang sebesar Rp 51.500,00 dari hasil menjual free report yang sudah di-print kepada para tetangga.

Tidak ada komentar: