peluang usaha


Senin, 12 Agustus 2013

Sukses dan Hidup = Berkembang

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya dengardi berbagai kesempatan saat saya menjadi pembicara ketika diundang seminar, training, workshop adalah, "Mas Billy, apa arti sukses menurut Mas Billy?"

Mendengar pertanyaan demikian, saya sering kali bertanya kepada diri saya sendiri di dalam hati, "Kenapa mereka ingin tahu apa arti sukses menurut saya? Apa pentingnya? Apakah definisi sukses menurut saya akan berpengaruh terhadap mereka?" Secara umum, arti sukses menurut saya adalah ketika seseorang berhasil melakukan atau meraih apa yang telah dia targetkan atau inginkan di awal.

Misal, ketika Anda mau pergi ke mal. Sesampainya di mal, kamu telah sukses (mencapai tujuan yang kamu inginkan). Saya selalu bilang bahwa arti sukses menurut seseorang, belum tentu sama dengan arti sukses menurut orang lain. Bisa saja, menurut si A, dia baru sukses kalau dia bekerja di perusahaan besar dan mendapatkan gaji Rp5 juta per bulan.

Apakah hal tersebut adalah arti sukses menurut si B? Belum tentu, mungkin saja si B merasa dia sukses kalau mendapatkan gaji Rp10 juta per bulan. Mungkin si C baru akan merasa sukses apabila dia adalah seorang entrepreneur yang memiliki penghasilan Rp50 juta per bulan, dan seterusnya.

Sukses dari Hal-hal Kecil
Rata-rata, semua orang ketika mengartikan kesuksesan itu dari hal-hal besar. Si A itu orang yang sukses lohkarena dia punya rumah besar, punya perusahaan, dan seterusnya. Ini yang sering kali dijadikan barometer kesuksesan seseorang di masyarakat. Apakah salah? Hmm, terserah saja sih mau mengukur kesuksesannya seperti apa. Namun, kalau menurut saya, sukses itu juga harus dilihat dari hal-hal kecil.




Pasti pernah dengar dong pepatah yang mengatakan, "Hal-hal besar terdiri dari hal-hal kecil." Nah, coba deh untuk mengapresiasi pencapaian-pencapaian kecil Anda setiap hari. Semisal Anda berhasil datang on time di sebuah rapat dengan klien, sadarilah hal "kecil" tersebut, dan berbanggalah. Kenapa? Karena Anda telah sukses dalam konteks tersebut. Kalau Anda hari ini berhasil bangun pagi, dan pergi ke gym, sadarilah dan berbanggalah.

Karena mungkin ada jutaan orang yang hanya "ingin, ingin, dan ingin" tapi selalu gagal pergi ke gym. Kalau Anda menargetkan diri Anda untuk membaca satu buku per bulan, dan Anda berhasil melakukannya, sadarilah dan berbanggalah. Get my point?

Sukses Jangan Satu

Ketika menjelaskan arti sukses menurut saya, saya akan selalu berpesan bahwa jangan pernah hanya memiliki satu arti sukses. Maksudnyaapa? Sebagai Generasi Semangat Baru, kita semua harus memiliki mimpi lebih dari satu. Mimpi kan gratis, kenapa harus punya satu mimpi? Maksudnya apa? Kebanyakan orang akan bilang kepada dirinya sendiri, "Saya akan bisa dikatakan sukses, kalau saya sudah menjadi seorang CEO."

Apakah ini salah? Tidak. Tapi, kenapa hanya memasang satu target? Kenapa Anda tidak bilang ke diri sendiri, "Saya akan bisa dikatakan sukses kalau saya berhasil menjadi seorang CEO, dan pada saat yang bersamaan, saya adalah suami/istri yang baik, ayah/ibu yang baik bagi anak-anak saya, hidup sehat, dan punya sebuah panti asuhan." Apa pun target Anda, pastikan jangan hanya satu! Kalau bisa meraih banyak hal, kenapa harus membatasi diri untuk hanya meraih satu hal dalam hidup ini?

Sukses seperti Hidup
Apa maksud dari subjudul ini? Tahu apa bedanya makhluk hidup dan benda mati? Hmm, yang membedakan kedua hal ini adalah, makhluk hidup itu bernapas dan berkembang, sedangkan kalau benda mati tidak bernapas, dan tidak berkembang. Sukses pun demikian. Jangan pernah merasa puas. Ketika Anda sekarang adalah seorang supervisor di kantor tempat Anda bekerja, dan arti sukses Anda adalah ketika suatu saat Anda berhasil dipromosikan untuk menjadi seorang manajer.

Untuk mencapai hal ini, Anda pun berusaha semaksimal mungkin, hingga akhirnya Anda dipromosikan atasan Anda untuk menjadi seorang manajer. Nah, ketika arti sukses Anda sudah tercapai, apa yang harus Anda lakukan? Banyak orang akan terlena. Mereka merayakan pencapaiannya, tapi bukan dalam semalam atau seminggu, tapi bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup.

Kalau ini yang Anda lakukan, ya jangan salahkan orang lain atau keadaan kalau Anda seumur hidup "hanya" menjadi seorang manajer. Menurut saya, sukses dan hidup itu seharusnya memiliki karakter yang sama, yaitu harus terus berkembang dari waktu ke waktu.

Apa maksudnya? Kalau Anda ingin menjadi seorang manajer, dan kemudian arti sukses Anda itu sudah tercapai, seharusnya arti sukses Anda itu juga berkembang. Kenapa tidak untuk bilang kepada diri Anda, "Sekarang saya sudah menjadi seorang manajer. Bagi saya sekarang, saya baru akan sukses kalau saya suatu hari menjadi seorang direktur."

Sayangnya, arti sukses yang berkembang ini sering kali diidentifikasi sebagai karakter orang yang tidak bersyukur. Saya sangat tidak setuju. Menurut saya, tidak pernah puas (dan ingin berbuat dan mencapai hal yang lebih besar lagi) dan tidak bersyukur itu dua hal yang berbeda.

Bisa enggak kalau Anda merasa bersyukur atas pencapaian Anda selama ini? Anda telah menjadi seorang manajer, namun Anda merasa tidak puas, Anda ingin berkontribusi lebih terhadap perusahaan dengan harapan agar Anda diberikan kepercayaan dan tanggung jawab lebih untuk mengemban tugas yang lebih besar sebagai seorang direktur. Salahkah apabila ini yang Anda rasakan dan lakukan?

Pada 2006 akhir, saya mulai menulis buku Young On Top. Ketika dalam proses menulis buku ini, arti sukses buat saya waktu itu adalah ketika buku ini selesai ditulis, diterbitkan oleh penerbit, dan terpampang di toko-toko buku di seluruh Indonesia. Proses penulisannya memakan waktu hingga sekira dua setengah tahun. Ketika buku ini akhirnya selesai ditulis, diterbitkan, dan ada di seluruh toko buku di Indonesia, arti sukses menurut saya sebagai seorang penulis sudah tercapai kan?

Saya sudah sukses (untuk konteks tersebut). Tebak apa yang terjadi setelah itu? Arti sukses menurut saya sebagai seorang penulis pun berkembang. Saya bilang kepada diri saya sendiri, "Kalau buku Young On Topbisa menjadi best seller, baru saya bisa dikatakan sebagai penulis yang sukses." Dan, ketika buku ini menjadi best seller selama lebih dari satu setengah tahun nonstop, arti sukses buat saya pun kembali berkembang.

Saya merasa bahwa Young On Top harus menjadi lebih besar daripada hanya sebuah buku. Arti sukses yang terus berkembang dalam konteks saya sebagai penulis buku inilah yang terus memacu diri saya untuk terus berusaha mencapai arti sukses tersebut.

Dan inilah yang membuat Young On Top sekarang bukan lagi hanya sebuah buku, tapi sebuah brand, yang meliputi program radio, program TV, serial buku, mentorship program, komunitas di 36 kota, training (academy), media digital, dan konsultan. Kalau bisa sukses kala usia muda, kenapa harus menunggu tua? Kalau bisa punya beberapa arti sukses yang terus berkembang dari waktu ke waktu, kenapa tidak? See you ON TOP!

Link Iklan

Daftar - Sebarkan Url - Dapet Uang
 Komisi Level 1 Rp.5.000,- 
 Komisi Level 2 - 10 Rp.500,- 
 Pasive Income Hingga MILYARAN Rupiah 
 Gratis Pasang Iklan Sepuasnya Kapanpun Anda mau 
 Gratis Web Replika Sebagai Sarana Promosi Anda 
 Laporan Komisi & Jaringan Lengkap di Member Area 
Gabung di bawah ini:

2 komentar:

Wawancool mengatakan...

Cara SUKSES lewat Internet
1.Daftar
https://indoboclub.com/?ref=muhammadks
2.Usaha
3.Do'a
4.Sabar
and
SUKSES
:)

Wawancool mengatakan...

Cara SUKSES lewat Internet
1.Daftar
https://indoboclub.com/?ref=muhammadks
2.Usaha
3.Do'a
4.Sabar
and
SUKSES
:)