peluang usaha


Kamis, 04 Juli 2013

Tips meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya

Apapun bisnis anda, saya tegaskan penjualan adalah cara tercepat untuk membuat bisnis anda tumbuh. Ya, dengan penjualan yang baik dan terus meningkat, bisnis anda akan berkembang dengan pesat. Apalagi bagi anda yang menggeluti usaha kecil, jelas perputaran cashflow yang cepat adalah cara terbaik untuk membuat usaha anda maju.
Penjualan yang meningkat akan menjadi kekuatan yang mendorong bisnis anda untuk bergerak maju. Sebaliknya, tanpa penjualan, dijamin bisnis anda akan gulung tikar.
Sebab itu, mungkin sudah berulang kali saya katakan, khususnya buat anda yang baru terjun ke dunia bisnis, secepat mungkin dapatkan penjualan pertama. Karena dengan itu akan memompa semangat anda untuk mendapatkan penjualan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Sebagai pemilik bisnis, tentu anda perlu curahkan perhatian anda tiap harinya pada bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan produk anda.
Jelas anda juga kontrol biaya mendapatkan konsumen, anda berusaha keras untuk terus meningkatkan produksi dan efisiensi di segenap aspek bisnis anda. Dengan harapan, anda dapat meningkatkan keuntungan.
Dan dimana-mana untuk meningkatkan keuntungan ini, kuncinya cuma ada dua:meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya. Namun soal mengurangi biaya ini pasti ada batasnya. Tak mungkin menekan biaya menjadi nol, sekalipun di bisnis internet. Sebaliknya, anda bisa meningkatkan penjualan tanpa ada batasnya. Jadi, untuk mendapatkan keuntungan, yang lebih memungkinkan adalah dengan meningkatkan penjualan dibanding mengurangi biaya.
Dan untuk meningkatkan penjualan ini, kuncinya hanya ada 3:
  • meningkatkan jumlah pembeli
  • meningkatkan nilai pembelian
  • meningkatkan frekuensi pembelian ulang
Ya, itulah 3 kunci untuk meningkatkan omset penjualan anda. Ambil contoh misalkan anda punya 100 pembeli sebulan dengan nilai pembelian rata-rata tiap pembeli adalah Rp 1 juta dan mereka melakukannya sebulan sekali, maka omset anda dalam sebulan adalah Rp 100 juta.
Jika anda bisa melipatgandakannya menjadi 200 pembeli setiap bulan dan rata-rata nilai transaksi menjadi Rp 2 juta tiap pembeli dan mereka membeli sebanyak dua kali dalam sebulan, maka omset anda akan meningkat telak menjadi Rp 800 juta sebulan.
Sangat sederhana kan?
Nah, kemudian pasti anda akan bertanya, bagaimana caranya pak Joko? :)
Caranya adalah… (coba ubek-ubek dulu di bagian arsip lengkap :) saya yakin sejumlah caranya sudah saya share di blog ini)
Yang jelas, untuk melakukan itu, target anda adalah:
  • bagaimana agar mendapatkan konsumen baru?
  • bagaimana agar konsumen membeli lebih banyak?
  • bagaimana agar mereka membeli lebih sering?
Nah, sekarang mari kita diskusikan dulu lewat kotak komentar di bawah ini.
Salam ACTION!

Tidak ada komentar: