peluang usaha


Rabu, 27 Januari 2010

Efek blogging terhadap motivasi diri

Efek blogging terhadap motivasi diri, tema yang menarik yang sepertinya layak untuk diulas secara mendalam. Apalagi diberi sedikit bumbu-bumbu penyedap yang membuat saya tambah semangat untuk mengulasnya.

Bumbu-bumbu penyedap seperti apa sih itu ? Masih terkait dengan tema tulisan ini, yaitu motivasi. Ya, movitasi inilah yang menjadi bumbu-bumbu penyedap penambah semangat untuk menulis artikel ini.

Seperti yang telah didefinisikan disalah satu artikel mas Fadly tentang motivasi dengan judul “Benarkah Motivasi Alamiah Lebih Jitu”, motivasi adalah suatu dorongan / rangsangan yang mampu menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu. Dan tentunya saya sependapat dengan ini.

Tapi, disini saya tidak akan membahas tentang motivasi alamiah. Saya akan membahas motivasi yang lebih khusus, yaitu efek blogging terhadap motivasi diri.

Sebenarnya ada dua sisi yang bisa dikembangkan dari tema ini. Pertama, apakah yang menjadi motivasi seseorang untuk blogging. Kedua, Apa yang dihasilkan dari aktifitas blogging secara langsung atau tidak langsung, mempengaruhi kualitas hidup Anda. Dalam arti, apakah ada efek blogging terhadap motivasi diri Anda. Inilah yang akan saya bahas lebih lanjut.

Seharusnya adalah apapun kegiatan yang Anda lakukan harus mempunyai efek yang membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Alangkah sia-sia apabila aktivitas yang kita lakukan tidak berpengaruh terhadap kualitas hidup Anda. Paling tidak harus terlihat ada sesuatu yang berubah dalam diri Anda, entah dari cara Anda berpikir, bersikap atau dari parameter lain yang bisa menunjukkan adanya perubahan.

Bagaimana membaca dan menilai apakah aktivitas blogging Anda tidak berjalan sia-sia atau apakah aktifitas ini mempunyai efek yang positif terhadap diri, Anda bisa bertanya kepada diri Anda sendiri, beberapa pertanyaan dibawah ini :

Apakah aktifitas blogging yang Anda lakukan membuat Anda lebih bahagia ? Maksudnya adalah apakah aktifitas blogging Anda malah justru menjadi beban baru bagi Anda. Karena terpikir harus memberikan yang terbaiklah, harus update sesering mungkinlah dan pertanyaan-pertanyaan lain yang justru membuat Anda tertekan. Kalau sudah seperti ini, berarti Anda harus merubah cara berpikir Anda dalam menggeluti dunia blogging.

Ini yang masih terus saya cari formula yang tepat, agar aktivitas blogging bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Sementara ini formula efektif yang membuat blogging menjadi menyenangkan adalah buatlah aturan Anda sendiri, jangan terpengaruh terhadap aturan-aturan blogger lain, kalau seadainya aturan-aturan itu justru membuat Anda malah tertekan.

Apakah aktivitas blogging membuat perubahan yang berarti dalam keseharian hidup Anda ? Banyak dari kita yang tiba-tiba menjadi mahir untuk berbicara tentang motivasi dan pengembangan diri. Banyak dari kita yang mendadak menjadi seorang Motivator.

Ini tidaklah menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah seandainya kita hanyalah sebagai orang yang ahli dalam berteori saja, bukanya menjadi seorang praktisi. Atau paling tidak apa yang kita tulis bisa menjadi sarana kontrol untuk mengingatkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, paling tidak menuju sesuatu apa yang telah kita tuliskan.

Adakah perubahan dikehidupan keseharian Anda yang bisa dirasakan setelah bergelut di dunia blogging ? Kalau belum, berarti ada yang salah yang mesti dibenahi, agar efek blogging tehadap motivasi diri di kehidupan sehari-hari bisa nampak dan terpelihara.

Dua pertanyaan sederhana yang bisa menjadi renungan kita bersama. Mudahan aktivitas blogging yang kita lakukan bisa memberikan efek positif tehadap motivasi diri di kehidupan sehari-hari. Insya Allah.

1 komentar:

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Mengapa kita blogging :
Para pendiri/pembuat Blogger pernah menyampaikan ... karena itu kelihatannya menyenangkan....!!
Bagi saya... karena blogging memang menyenangkan...!!Peace