peluang usaha


Senin, 25 Januari 2010

Cara kerja Search Engine dan komponen di dalamnya

“Tak kenal maka tak sayang”, itulah salah satu ungkapan pepatah yang masih berlaku sampai sekarang.

Dalam kaitannya dengan kalimat tersebut pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang komponen-komponen yang ada pada search engine.

Banyak orang mengharapkan webnya muncul di halaman terdepan di search engine (mesin pencari) seperti Google dan Yahoo, tapi sayangnya banyak dari mereka yang belum mengenal siapa, apa dan bagaimana cara kerja search engine itu sendiri, khususnya berkaitan dengan komponen-komponen yang dimilikinya.

Untuk mengenal lebih jauh search engine ini, maka kita perlu mengetahui terdiri dari unsur apa saja search engine itu dan bagaimana setiap komponennya itu bekerja, berikut ulasannya:

# Spider

Spider merupakan program yang dimiliki search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang di temukannya, hampir mirip dengan cara kerja browser.

Perbedaannya adalah jika Spider tidak kelihatan karena di tujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database mereka, sedangkan browser ditujukan untuk manusia yang langsung menampilkan informasi baik berupa teks, gambar dan sebagainya.

# Crawler

Crawler merupakan program yang dimiliki search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada dalam suatu website. Tugas Crawler adalah membantu spider untuk menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.

# Indexer

Indexer merupakan mesin yang dimiliki search engine yang bertugas mendeskripsikan suatau halaman web site dan menganalisa berbagai unsur didalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada dalam konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword yang ada didalamnya.

# Database

Komponen search engine ini merupakan tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah di download oleh Spider serta tempat yang tadinya di gunakan oleh indexer dalam menganalisa suatu halaman website.

# Result Engine

Result engine sendiri merupakan program yang bertugas menggolongkan suatu website dan menentukan perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user.

Program ini menganalisa siapakah yang layak masuk kriteria utama dalam perangkingan suatu keyword yang diminta oleh pengguna.

Dan tentu saja yang ditampilkan terlebih dahulu dihasil pencarian adalah website yang telah memenuhi peraturan dan kaedah-kaedah yang di tentukan search engine.

# Web Server

Sedang bagian yang terakhir adalah web server. Bagian ini merupakan komputer central yang ada pada search engine yang yang melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut.

Itulah uraian dari komponen-kompenen yang dimiliki search engine, sehingga dengan mengenalnya lebih jauh lagi terutama yang berkaitan dengan unsur-unsurnya, kita mendapatakan pemahaman yang menyeluruh tentang search engine dan tentunya akan memudahkan kita dalam mengoptimasi website agar menjadi yang terbaik di hasil pencarian.

Terimakasih, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar: