peluang usaha


Rabu, 16 Desember 2009

anda tahu bagaimana cara memajukan bisnis internet anda

Sudah merasa mentok dengan bisnis internet yang anda bangun? Ah, saya yakin anda pasti bercanda. Di Indonesia saja belum separuh penduduknya yang berinternet, artinya pasar yang belum tergarap masih sangat banyak.

Soal pasar bisnis ini, saya jadi ingat kisah dua orang karyawan sepatu yang ditugaskan pergi ke Afrika untuk melakukan riset pasar sepatu. Setelah riset selesai dilakukan, kedua karyawan tersebut kembali dengan membawa laporan yang bertolak belakang.

Karyawan yang satu bersikap pesimis untuk menjual sepatu di sana. Alasannya karena orang-orang Afrika tidak ada yang memakai sepatu. “Bagaimana mungkin mereka membeli sesuatu yang tidak pernah dipakainya,” kata karyawan itu.

Sebaliknya, karyawan yang satu lagi datang memberikan laporan bernada optimis. Kata si karyawan,”Di Afrika terbuka peluang emas untuk menjual sepatu. Sepatu bisa laku keras di sana karena belum ada saingan dan belum ada yang pakai sepatu.”

Kurang lebih memang selalu begitu cara orang dalam menyikapi suatu hal. Tidak sedikit yang biasanya pesimis, tapi ada juga yang selalu mengembangkan diri bersikap optimis dan terbuka.

Pikiran optimis dan terbuka itu sangat perlu agar anda bisa memajukan bisnis anda. Namun semata dilandasi sikap optimis saja tidak cukup, anda juga perlu tahu bagaimana dan kenapa bisnis anda bisa maju. Jika anda tidak bisa menemukan apa penyebab kemajuan/kemunduran usaha anda, anda mesti cepat belajar demi kelangsungan bisnis internet anda.

Memang nanti akan tiba waktunya saat anda merasa sangat paham dengan bisnis yang anda jalankan. Tapi itu tidak terjadi dalam sehari dua hari. Pemahaman itu diraih sedikit demi sedikit, dari hari ke hari, melalui pengalaman bisnis anda.

Tapi saya jamin, ketika anda mendalami bisnis internet secara serius dan dalam jangka waktu yang cukup lama, anda akan sangat paham bagaimana caranya berhasil di bisnis ini. Rahasia-rahasia besar itu kalau anda sudah tahu terkadang sangat sederhana. Namun tetap untuk mengetahuinya, anda perlu merasakannya langsung. Karena dari pengalaman langsung anda berbisnis, anda tahu bagaimana cara yang terbaik untuk memajukan bisnis internet anda. Sampai anda merasakan kemudahan mencari uang di internet.

Dari pengalaman bisnis tersebut, anda jadi tahu misalnya:

dimana tempat promosi yang bagus buat bisnis internet anda
berapa dana iklan yang harus disiapkan
bagaimana melakukan positioning produk
bagaimana menetapkan harga jual
bagaimana memberikan garansi
dan sebagainya.

Dari semua hal di atas, intinya adalah anda mengerti bagaimana cara terbaik mendapatkan konsumen. Sebab mendapatkan konsumen itu tidak gratis, tapi perlu biaya. Baik biaya yang berupa uang, waktu, tenaga, atau yang lainnya.

Tapi, kalau anda sudah paham bagaimana caranya membuat bisnis internet anda berkembang,anda tidak akan terlalu risau atas kelangsungan bisnis anda. Anda bisa melihat situasi dengan cepat dan melakukan ACTION dengan percaya diri.

Maka, bagaimanapun keadaan anda sekarang: anda harus tahu apa yang membuat bisnis anda maju dan bagaimana membuat bisnis anda menghasilkan profit. Jika anda tidak tahu apa yang membuat bisnis anda maju, atau sebaliknya anda juga tidak mengerti kenapa bisnis anda mengalami penurunan, anda perlu berhati-hati terhadap kelangsungan bisnis anda. Karena pasti anda juga tidak mengerti bagaimana caranya membuat bisnis anda menjadi yang terdepan.

Anda bisa pegang kata-kata saya di atas untuk bisnis apapun yang anda jalankan, apakah itu bisnis internet atau pun bukan.

Salam ACTION!

Tidak ada komentar: